4 Hal Yang Harus Kita Ketahui Saat Melakukan Pinjaman Uang
Pinjaman

4 Hal Yang Harus Kita Ketahui Saat Melakukan Pinjaman Uang

Kita semua mungkin pernah mengalami situasi dimana kita membutuhkan uang untuk keadaan darurat. Seperti membayar tagihan medis atau biaya sekolah anak. Namun kita tidak memiliki cukup uang atau tidak memilikinya sama sekali untuk menutupi pembayaran tersebut. Maka pinjam uang menjadi solusi keuangan yang signifikan untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Disini kami akan menjelaskan 5 hal yang harus anda ketahui saat melakukan pinjaman uang.

Mengapa anda memerlukan pinjaman?

Melakukan pinjaman adalah langkah finansial yang besar, dan pinjaman tersebut dapat membantu kita atau mempersulit kita, tergantung bagaimana kita mengelolanya. Maka tahapan awal yang paling penting adalah bertanya pada diri kita sendiri “Untuk apa saya melakukan pinjaman?”.

Pinjaman terbesar yang mungkin sebagian dari kita pernah lakukan adalah mengambil pinjaman untuk membeli properti. Apa bila kita mampu membayar uang muka dan rumah tersebut berada dalam (atau di bawah) kemampuan kita, maka pinjaman tersbut sepadan dengan apa yang kita dapatkan.

Tapi bagaimana dengan pinjaman lainnya?

Kenyataannya sebagian dari kita mengambil pinjaman untuk membayar tagihan atau keadaan darurat. Meminjam uang seperti tagihan listrik, merenovasi rumah atau memperbaiki kendaraan pribadi. Pinjaman-pinjaman tersebut tidak lah ideal, oleh karena itu kami menyarankan untuk membuat tabungan darurat terlebih dahulu.

Jadi pinjaman apa yang ideal untuk dilakukan?

Pinjaman yang paling tepat untuk dilakukan adalah pinjaman untuk keadaan darurat yang menghambat kita dalam bekerja dan mencari uang. Pinjaman untuk mebiayai rumah sakit yang tidak di cover oleh asuransi atau tabungan darurat anda tidak mencukupi. Meminjam uang untuk biaya masuk kuliah anak, akan tetapi hal terebut pun harus dipertimbangkan dengan beban pengembalian utang tersebut, apakah akan membebani Biaya kuliah bulanan anak anda.

Berapa pinjaman yang mampu kita pinjam?

Berapa banyak yang mampu kita pinjam (dan membayar kembali). Sekarang setelah kita menentukan mengapa kita memerlukan uang untuk melakukan pinjaman. Kita harus memikirkan berapa banyak yang kita mampu bayarkan secara realistis untuk membayar kembali pinjaman tersebut.

Kata mampu itu rumit, Hanya karena kita dapat menutupui pembayaraan bulanan, bukan berati kita benar-benar dapat membayar kembali pinjaman. Faktanya banyak dari kita yang melakukan pinjaman dan tidak mampu untuk membayar kembali utang-utangnya.

Banyak orang yang tinggal dirumah yang tagihannya tidak mampu dibayarkan. Sama halnya dengan mobil, banyak mobil dijual kembali karena sebagian dari kita tidak mampu membayar cicilan mobil tersebut, atau tidak mampu untuk merawat atau memperbaiki mobil karena harus dibebani dengan cicilan.

Periksa skor kredit anda

Setelah anda mengetahui alasan dan kemampuan anda dalam melakukan pinjaman. Tahap berikutnya adalah memeriksa skor kredit anda, Nilai kredit dan riwayat kredit adalah darah kehidupan dan diperlukan dalam kesejahtraan finansial kita. Dengan adanya skor kredit yang bagus, anda akan mendapatkan pinjaman dengan suku bunga yang rendah.

Maka intinya anda perlu mengetahui skor kredit dan riwayat kredit. Berita baiknya sangat mudah untuk mendapatkan informasi skor kredit anda, Bank Indonesia menyediakan layanan untuk melihat kredit skor anda dengan BI checking.

Pikirkan semua opsi pinjaman, dan tempat mendapatkan pinjaman

Kita akan memiliki beberapa opsi pinjaman, tergantung pada jenis pinjaman yang anda butuhkan. Cara termudah adalah untuk mendapatkan pinjaman pribadi ke bank yang sudah memliki hubungan dengan anda. Apa bila anda tidak memiliki hubungan dengan bank mana pun, anda dapat memeriksa toko finansial yang tersedia di Internet, dan memilah mana pinjaman yang anda butuhkan dan perusahaan apa yang menyediakan pinjaman tersebut.

Ayo kunjungi https://www.cekaja.com/kredit/ tempat dimana anda untuk melihat-lihat produk pinjaman yang sesuai dengan kebutuhan anda?

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *