Sejarah Bank Indonesia
Pinjaman

Fungsi dan Peranan Bank Indonesia Sepanjang Sejarah Indonesia

Kita pasti sering bertanya-tanyakapan awal mula bank Indonesia dirikan Apa sih fungsi dan peran Bank Indonesia dari awal hingga sekarang? Nah, disini kami akan menjawab semua pertanyaan anda, dan menjelaskan sejarah Bank Indonesia, beserta fungsi dan perananya. 

Sebagai Ibu dari semua bank, Bank Indonesia atau yang bisasa kita sebut BI memiliki peranan yang sangat pentingtidak hanya untuk perushaan perbankan saja, tapi juga untuk masyaraka Indoneisa. Namun dari awal kehadiran Bank Indonesia seringkali beralih fungsi hingga sekarang. 

Perubahan fungsi dan tugas Bank Indonesia menjadi salah satu acuan penting dalam peningkatan fungsi Bank Indonesia. Maka seiring berjalannya waktu, Bank Indonesia yang mulany hanyalah Bank komersial milik Belanda hingga  bank  pusat  yang  menjaga  kestabilan  perekonomian  negara. 

Bank Indonesia pada tahun 1828 

Pada masa kolonialisasi Belanda, Bank Indonesia  bernama  De  Javasche  Bank, yang didirikan oleh Pemerintah Hindia Belanda. Pada masa itu,  De Javasche Bank memiliki peran dan fungsi atas pencetakan dan pengedaran uang. 

De Javasche Bank memiliki banyak kantor cabangseperti Bandung, Semarang, Surabaya, Medan dan banyak daerah lainnya. De Javasche Bank juga memiliki cabang yang berada diluar negeri, seperti kantor cabang yang berada di Amsterdam.  

Bank Indonesia pada tahun 1953 

De Javasche Bank digantikan oleh Bank Indonesia,  namun dalam tugas utama BI pada saat ituialah mengatur dibidang moneterperbankan, dan  sistem pembayaran. Selain  ituBI juga memiliki fungsi penting dengan melanjutkan fungsi yang sama dengan De Javasche Bank. 

Pada tahun-tahun ini pemerintah melakukan nasionalisasi bank-bank yang sebelumnya milik BelandaDengan adanya semangat nasionalisbanyak bank-bank asing yang bukan milik Belanda ditutup oleh pemerinta Indonesia.

Bank Indonesia pada tahun 1968 

Pada tahun ini Bank Indonesia  mendapatkan kedudukan dan tugasnya sebagai bank sentral. Terbitnya undang- undang bank sentral yang membuat status Bank Indonesia terpisah dengan bank-bank lain yang melakukan fungsi komersial. 

Bank Indonesia juga memiliki tugas dalam membantu pemerintah sebagai pihak pendorong dalam kelancaran dan pembangunan serta memperluas kesempatan kerja guna meningkatkan taraf hidup banyak. 

Bank Indonesia pada tahun 1999 

Setelah krisis yang melanda negara-negara  Asean  termasuk Indonesia. Tahun tersebut menjadi tahun yang penting bagi Bank  Indonesia. Dengan keluarnya UU No.23/1999 yang menetapkan tujuan tunggal Bank Indonesia, yaitu membuat pencapaian kestabilan dan menjaga nilai rupiah. 

Semenjak krisis nilai tukar yang menyerang Indonesia pada  tahun 1997, fungsi pengawasan bank difokuskan pada peningkatan kesehatan bank.  Maka banyaknya  peraturan dan kebijakan  yang  dilahirkan  pada  tahun tersebut, guna menyempurnakan infrastruktur perbankan. 

Bank Indonesia pada tahun 2004 

Pada tahun 2004 banyak Undang-undang Bank Indonesia diamandemen dengan fokus pada pelaksanaan dan wewenang Bank  Indonesia, termasuk pengaturan governance. Hal ini dilakukan guna meningkatkan ketahanan perbankan nasional dalam menghadapi krisis global  dengan meningkatkan akses perbankan terhadap fasilitas pembiayaan jangka pendek dari Bank Indonesia. 

Pada babak baru ini bank diperkuat kemampuannya dalam menjaga uang nasabahbanyaknya perubahan seperti  penambahan  badan  pengawas di dalam perusahaan yang fungsinya mengawasi keputusan dan kegiatan bank, agar tidak melenceng dari aturan dan hukum.  

Perjalanan panjang Bank Indonesia dari awal  pembentukanya hingga sekarang, Bank Indonesia menjadi salah satu badan yang mampu membuat kita merasa amanPengawasan dan kebijakan yang dilakukan BI membuat kita merasa aman dalam bertransaksi  meskipun saat ini masih banyak perkembangan dalam industri keuangan.  

Jika ingin mengetahui lebih lanjut mengenai sejarah Bank Indonesia, anda bisa kunjungi link berikut ini https://www.cekaja.com/info/sejarah-bank-indonesia-dari-de-javasche-hingga-fintech/  sebagai  salah  satu Industri keuangan yang dipercaya oleh Bank Indonesia. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *