Tips Memulihkan Dana Lebaran
Tips

Tips Memulihkan Keuangan Setelah Lebaran

Libur lebaran telah usai. Salah satu permasalahan yang sering kali dialami setelah lebaran ialah pengeluaran yang membludak. Tunjangan Hari Raya (THR) dan gaji bulanan seakan-akan hanya numpang lewat saja guna memenuhi kebutuhan. Memang demi menyambut hari raya, banyak orang yang rela mengeluarkan dana dalam jumlah cukup besar untuk menyambut kehadiran lebaran, seperti baju baru, kue lebaran, aneka ragam makanan, biaya mudik, serta bagi-bagi amplopĀ untuk saudara-saudara yang lebih kecil.

Nah, setelah liburan usai, tentu kamu ingin segera memulihkan kondisi keuangan, bukan? Yuk ikuti tips berikut ini

Tips Memulihkan Kondisi Keuangan

1. Evaluasi Pengeluaran

Coba catatlah seluruh pengeluaran mu selama lebaran, baik itu sebelum ataupun setelah lebaran, di sebuah buku keuangan. Selain itu, catat pula berbagai pengeluaran darurat atau pengeluaran tak terduga yang sempat kamu keluarkan. Setelah dicatat seluruhnya beserta total dana yang telah dikeluarkan, baru kamu bisa mulai menganalisa kira-kira apa penyebab pengeluaran dana bisa membengkak.

Selain itu, dengan mencatat kamu juga bisa dijadikan acuan untuk lebaran di tahun-tahun berikutnya, agar tidak terjadi hal yang sama untuk kedua kalinya.

2. Lunasi Hutang

Jika kamu memenuhi kebutuhan lebaran dengan menggunakan kartu kredit atau pinjaman online, lunasi hutang-hutang tersebut terlebih dahulu. Karena jika tidak segera dilunasi, bisa saja ini akan menjadi beban kita di bulan-bulan berikutnya, seperti bunga yang semakin besar atau bila kamu justru tergoda untuk membeli suatu barang lainnya dan malah justru menambah hutang. Jadi, sebelum kamu membeli barang lainnya dan menambah hutang, ada baiknya bila kamu melunasi hutang-hutang sebelumnya terlebih dahulu. Bayarlah sesuai dengan kemampuan namun secara konsisten, agar secara perlahan kondisi keuangan mu juga akan kembali pulih.

3. Manabung dan Membuat Prioritas

Setelah liburan usai, saatnya kembali mengisi tabungan yang sempat terlupakan. Jangan lah menunggu sisa uang bulanan atau gajian berikutnya, segera masukan saja sebagian dana kamu yang miliki saat ini ke tabungan. Tabungan dapat berupa rekening terpisah atau celengan, dapat pula dijadikan sebagai emas agar uang tidak terpakai. Selain itu, mulailah kembali atur prioritas. Kebutuhan apa yang paling mendesak maka dapat lebih didahulukan.

Memang memulihkan kembali keuangan pasca liburan akan membutuhkan cukup banyak waktu. Tetapi bukannya tidak mungkin untuk dilakukan. Namun, setelah keuangan telah kembali pulih seperti sedia kala, usahakan agar kamu tidak melakukan kesalahan yang sama. Mau tahu tips lainnya? Kunjungi saja https://www.cekaja.com/info/5-cara-pulihkan-keuangan-pasca-lebaran-cek-yuk/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *